BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Komputer merupakan alat
modern yang tidak bisa dilepaskan dari ehidupan sehari-hari. Mulai dari
mengerjakan pekerjaan kantor, ultimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan
komputer semakin erkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita
sebagai manusia au tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi
khususnya idang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat
sendiri.
Atas dasar itu kami
mencoba membahasnya dalam bentuk makalah dengan arapan dapat berguna bagi orang
lain khususnya bagi kami. anyak sekali pembahasan tentang komputer, tapi kami
coba menulis akalah dengan judul Sistem Komputer yang di jelaskan secara umum
atau garis esarnya saja, jika kami membahas secara keseluruhan itu membutuhkan
waktu ang tidak sedikit dan referensi yang banyak.
2. Rumusan Maslah
1.2.1 Bagaimanakah system computer?
1.2.2 Apakah software itu?
1.2.3 Apakah hardware itu?
1.2.4 Apakah braiware itu?
3. Tujuan
1.3.1 untuk mengetahui pengertian system computer
1.3.2 untuk mengetahui apakah software itu
1.3.3 untuk mengetahui apakah hardware itu
1.3.4 untuk mengetahui apakah braiware itu
BAB II
PEMBAHASAN
1. Sistem Komputer
a. Pengertian sistem
Sistem berasal dari bahasa
Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan
yang terdiri komponen atau eleven yang dihubungkan bersama untuk memudahkan
aliran informasi, materi atau energi. Sistem juga merupakan kesatuan
bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta
memiliki item-item penggerak.
b. Penegrtian Komputer
Komputer adalah alat yang
dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata
komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya
melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti
kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
c. Penegrtian sistem komputer
Sistem Komputer adalah
elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan
komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware),
perangkat unak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras
hardware).
Dengan demikian komponen
tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja
hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya
(software dan brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan komputer
jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah apa komputer tersebut
jika tidak ada softwarenya.
Arsitektur Von Neumann
menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis
(ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif
dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus".
d. Komponen-komponen Komputer
Komponen – komponen dalam
sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :
1.
Hardware ( Perangkat Keras )
a.
Processing Device
b.
Input Device
c.
Output Device
d.
Storage Device
2.
Software ( Perangkat Lunak )
a.
Operating System
b.
Application Program
c.
Language Program
3.
Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )
a. Hardware ( Perangkat
Keras )
Perangkat yang dapat kita
lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan,
perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran. Peralatan ini umumnya cukup canggih.
Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga
dengan instruction set tadi. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin
tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang
dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan
perintah yang didapatkan olehnya.
·
Processing Device (CPU)
CPU (
Central Processing Unit ) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan
pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau
peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan
storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan. Dalam komputer-komputer
modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated
Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit). CPU memiliki
fungsi adalah program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara
mengambil instruksiinstruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu
persatu sesuai perintah. Pandangan sederhananya adalah operasi pembacaan
instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi ( execute ). CPU memiliki
dua bagian utama, yaitu :
1.
ALU ( Arithmetic Logic Unit )
Unit
Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat
yang melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga
sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder juga melakukan keputusan dari
suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi
perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu
sama dengan (=), tidak sama dengan (_), kurang dari (<), kurang atau sama
dengan (_), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (_) ALU
juga dapat melakukan pelaksanaan arimatika (pengurangan, penambahan dan
semacamnya), pelaksanaan logis ( AND, OR, NOT ), dan pelaksanaan perbandingan (membandingkan
dua slot dengan kesetaraan).
2.
CU ( Control Unit )
Unit
control, mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem
komputer, kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan
pada alat output. Mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer.
Membawa data dari alat input ke memori utama. Mengambil data dari memori utama
untuk diolah. Mengirim instruksi ke ALU jika ada instruksi untuk perhitungan
aritmatika atau perbandingan logika. Membawa hasil pengolahan data kembali ke memori
utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.
Selain
itu CPU juga memiliki beberapa alat penyimpanan yang berukuran kecil yang
disebut dengan Register yang memiliki fungsi Alat penyimpanan kecil dengan
kecepatan akses cukup tinggi, yg digunakan untuk menyimpan data dan instruksi
yang sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran
untuk diproses, masih disimpan di dalam memori utama.
Banyak
register dalam CPU, masing-masing sesuai dengan fungsinya yaitu :
A.
Instruction Register ( IR )
Digunakan untuk menyimpan
instruksi yang sedang diproses.
B.
Program Counter ( PC )
Digunakan
untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang berisi instruksi yang
sedang diproses. Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah menjadi alamat dari
memori utama yang berisi instruksi berikutnya.
C.
General Purpose Register
Punya
kegunaan umum yang berhubungan dengan data yang sedang diproses. Contoh, yg digunakan
untuk menampung data disebut operand register, untuk menampung hasil disebut
accumulator.
D.
Memory Data Register ( MDR )
Digunakan
untuk menampung data atau instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU atau
menampung data yg akan direkam ke memori utama, hasil pengolahan oleh CPU.
E.
Memory Address Register
Digunakan
untuk menampung alamat data atau instruksi pada memori utama yg akan diambil
atau yg akan diletakkan. Selain register, beberapa CPU menggunakan suatu cache
memory yang mempunyai kecepatan sangat tinggi, agar kerja CPU lebih
efisien. Tanpa cache memory, CPU akan menunggu sampai data/ instruksi diterima
dari memori utama, atau menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke memori
utama, baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal proses dari memori utama
lebih lambat disbanding kecepatan register sehingga akan banyak waktu terbuang.
Dengan adanya cache memory, sejumlah blok informasi pada memori utama
dipindahkan ke cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu berhubungan dengan
cache memory.
·
Input and Output Device
I/O membolehkan
komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk
fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab
keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera
web, printer, scanner, dan sebagainya. Yang dimiliki oleh semua alat masukan
biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke
dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer igital. Alat
output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer.
1)
Input Device
Input
Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk
memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
·
Keyboard
·
Pointing Device
·
Mouse
·
Touch screen
·
Digitizer Grapich Tablet
·
Scanner
·
Microphone
2)
Output Device
Output
Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan
keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas),
soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Alatnya antara lain adalah :
·
Monitor
·
Printer
·
Speaker
·
Storage Device
·
Storage Device
Register
CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi, maka CPU
harus dilengkapi dengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori utama.
Terbagi menjadi dua yaitu :
1.
Internal Storage
Adalah
media penyimpanan yang terdapat didalam komputer yaitu :
·
RAM ( Random Access Memory )
Untuk
menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara
acak ( dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya ). Struktur RAM
terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
1)
Input Storage
Digunakan
untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
2)
Program Storage
Digunakan
untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
3)
Working Storage
Digunakan
untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
4)
Output Storge
Digunakan
untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat
output.
·
ROM ( Read Only Memori )
Memori
yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat
komputer pertama kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu
ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi yg
terdiri dari program pokok, seperti program untuk mengatur penampilan karakter
di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu,
dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali
sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold booting atau
warm booting. Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara memprogram
kembali, yaitu :
1)
PROM (Programmable Read Only Memory), yg hanya
dapat diprogram satu kali.
2)
EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory), dapat
dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang.
3)
EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only
Memory), dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram
kembali.
2.
External Storage
Perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan &
penyimpanan data, di luar komponen utama, yaitu :
·
Floppy Disk
·
Hard Disk
·
CD Room
·
DVD
b. Software
( Perangkat Lunak )
Rangkaian prosedur dan
dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki.
Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri,
data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan
oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk
menjalankan perintah yang dijalankannya.
·
Operating System
Sistem
operasi atau operating system ialah Program dasar pada komputer yang
menghubungkan pengguna dengan hardware komputerPerangkat lunak yang
dihubungkan dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas sistem
komputer. Ada
beberapa macam system operasi diantaranya adalah :
·
Linux
·
Windows
·
Mac OS
Tugas
sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan program di
atasnya, koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta penginstalan dan pembuangan
software.
Sistem
operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana
(seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis
kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk
menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat
elektronik yang terhubung.
·
Application Program
Yaitu
program komputer yang siap digunakan atau disebut juga program siap pakai.
Program paket digunakan untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus
dibidang industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi ayau
perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan.
Contoh :
·
Microsoft Word
·
Microsoft Excel
·
CorelDraw X4
·
Dll
·
Language Program
Language
Program atau bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh manusia untuk
berkomunikasi dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka
komputer tidak akan merespon selain menggunakan bahasa
Pemrograman,
seperti :Bahasa komputer yang digunakan untuk menulis instruksi-instruksi
program untuk melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer,
seperti :
- Visual basic
- Turbo pascal
- Delphi
c.
Brainware
Brainware adalah orang
yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang
mengoperasikan maka tidak akan dapat digunakan.
2.
Operasi Sistem Komputer
Secara umum, sistem
komputer terdiri atas CPU dan sejumlah device controller yang terhubung melalui
sebuah bus yang menyediakan akses ke memori. mumnya, setiap device controller bertanggung
jawab atas sebuah hardware spesisfik. Setiap device dan CPU dapat beroperasi
secara konkuren untuk mendapatkan akses ke memori. Adanya beberapa hardware ini
dapat menyebabkan masalah sinkronisasi. Karena itu untuk mencegahnya sebuah memory
controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori.
Pada sistem komputer yang
lebih maju, arsitekturnya lebih kompleks. Untuk meningkatkan performa,
digunakan beberapa buah bus . Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa
device yang berbeda. Dengan cara ini RAM, Prosesor, GPU (VGA AGP) dihubungkan
oleh bus utama berkecepatan tinggi yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front
Side Bus) . Sementara perangkat lain yang lebih lambat dihubungkan oleh bus
yang berkecepatan lebih rendah yang terhubung dengan bus lain yang lebih cepat
sampai ke bus utama. Untuk komunikasi antar bus ini digunakan sebuah bridge.
Tanggung jawab
sinkronisasi bus yang secara tak langsung juga mempengaruhi sinkronisasi memori
dilakukan oleh sebuah bus controller atau dikenal sebagai bus master . Bus
master akan mengendalikan aliran data hingga pada satu waktu, bus hanya berisi
data dari satu buah device.
Pada prakteknya bridge dan
bus master ini disatukan dalam sebuah chipset .Jika komputer dinyalakan, yang
dikenal dengan nama booting, komputer akan menjalankan bootstrap program yaitu
sebuah program sederhana yang disimpan dalam ROM yang berbentuk chip CMOS
(Complementary Metal Oxide Semiconductor) . Chip CMOS modern biasanya bertipe
EEPROM(Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), yaitu memori
non-volatile (tak terhapus jika power dimatikan) yang dapat ditulis dan dihapus
dengan pulsa elektronik. Lalu bootsrap program ini lebih dikenal sebagai BIOS
(Basic Input Output System).
Bootstrap program utama,
yang biasanya terletak di Motherboard akan memeriksa hardware-hardware utama
dan melakukan inisialisasi terhadap program dalam hardware yang dikenal dengan
nama firmware.
Bootstrap program utama kemudian
akan mencari dan meload kernel sistem operasi ke memori lalu dilanjutkan dengan
inisialisasi sistem operasi.Dari sini program sistem operasi akan menunggu
kejadian tertentu. Kejadian ini akan menentukan apa yang akan dilakukan sistem
operasi berikutnya ( event-driven ).
Kejadian ini pada komputer
modern biasanya ditandai dengan munculnya interrupt dari software atau
hardware, sehingga Sistem Operasi ini disebut Interrupt-driven. Interrupt dari
hardware biasanya dikirimkan melalui suatu signal tertentu, sedangkan software
mengirim interrupt dengan cara menjalankan system call atau juga dikenal dengan
istilah monitor call . System/Monitor call ini akan menyebabkan trap yaitu
interrupt khusus yang dihasilkan oleh software karena adanya masalah atau permintaan
terhadap layanan sistem operasi. Trap ini juga sering disebut sebagai exception
.
Setiap interrupt terjadi,
sekumpulan kode yang dikenal sebagai ISR (Interrupt Service Routine) akan
menentukan tindakan yang akan diambil. Untuk menentukan tindakan yang harus
dilakukan, dapat dilakukan dengan dua cara yaitu polling yang membuat komputer
memeriksa satu demi satu perangkat yang ada untuk menyelidiki sumber interrupt
dan dengan cara menggunakan alamatalamat ISR yang disimpan dalam array yang
dikenal sebagai interrupt vector di mana sistem akan memeriksa Interrupt Vector
setiap kali interrupt terjadi.
Arsitektur interrupt harus
mampu untuk menyimpan alamat instruksi yang di- interrupt . Pada komputer lama,
alamat ini disimpan di tempat tertentu yang tetap, sedangkan pada komputer
baru, alamat itu disimpan di stack bersama-sama dengan informasi state saat
itu.
BAB III
PENUTUP
Sistem Komputer adalah
elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan
komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware),
perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat
keras (hardware).
Komponen – komponen dalam
sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa
terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
- Processing Device
- Input Device
- Output Device
- Storage Device
2. Software ( Perangkat Lunak )
- Operating System
- Application Program
- Language Program
3.
Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )
Adanya beberapa hardware
ini dapat menyebabkan masalah sinkronisasi. Karena itu dalam operasi sistem
komputer untuk mencegahnya sebuah memory controller ditambahkan untuk
sinkronisasi akses memori. Untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah
bus . Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda. Jika
komputer dinyalakan Bootstrap program utama akan memeriksa hardware-hardware
utama. Pada komputer modern biasanya ditandai dengan munculnya interrupt dari
software atau hardware, sehingga Sistem Operasi ini disebut Interrupt-driven.
Demikian yang bisa kami
simpulkan, semoga makalah ini bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan
mahasiswa pada umumnya. Apabila makalah ini terdapat kekurangan maupun
kesalahan dalam penulisan/pembahasan kami mengucapkan mohon maaf.
good luck
BalasHapus